Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Cara meningkatkan penjualan di Instagram perlu dikuasai oleh pebisnis kekinian. Tujuannya tentu saja profit dari segi finansial. Sehingga bisnis yang dijalankan lebih dapat bersaing dengan produk serupa di pasaran. Banyak sekali pebisnis online yang akhirnya gulung tikar karena kurangnya strategi marketing di instagram. Bisnis yang dijalankan akhirnya tidak memberikan keuntungan secara signifikan. 

Padahal zaman sekarang pemasaran menjadi lebih mudah dengan dukungan kemajuan teknologi digital. Sosial media adalah sarana yang mudah dan murah untuk media promosi. Pebisnis pemula bahkan tidak perlu membayar tenaga pemasar setiap bulannya. Cukup dilakukan sendiri memaksimalkan gadget dan koneksi internet. Jangkauan pasar lebih luas tak terbatas. Waktu promosi lebih efektif.

Instagram adalah ajang promosi yang paling banyak digunakan pebisnis. Penggunaannya mudah, banyak fitur pendukung yang bisa memaksimalkan promosi produk. Pengguna aktif instagram sangat luas, dari berbagai kalangan usia dan profesi. Pemanfaatan gambar foto produk ataupun video lebih efektif. Masyarakat umumnya lebih tertarik dengan gambar dan video daripada kata-kata bahasa promosi. 

Selain itu, nama akun harus relevan dengan produk yang dijual sehingga calon konsumen sudah bisa mengetahui apa yang bisa didapatkan dari sana. Foto dan video harus disusun dengan baik. Jadi gunakan aplikasi khusus agar tampilan foto lebih menarik. Lebih detailnya dibawah ini adalah cara meningkatkan penjualan di IG, antara lain:

1. Gunakan Teknik SFS

SFS adalah aktivitas saling mempromosikan produk antara pebisnis online. Dengan menggunakan cara meningkatkan penjualan di Instagram ini, maka produk yang dijual harus berbeda agar tidak terjadi persaingan dan lebih adil. Teknik ini efektif menaikkan jumlah followers secara signifikan. Masing-masing pebisnis online tentunya sudah memiliki followers, dengan teknik SFS ini masing-masing followers akun akan mengenal produk yang dipromosikan. 

Contoh A menjual produk hijab dan B menjual produk makanan kekinian. Dalam akun bisnis A bisa mempromosikan makanan yang dijual B begitu sebaliknya. Followers A akan mengenal produk yang dijual akun B. Jika tertarik atau membutuhkan akan langsung follow sekaligus membeli produk B. Tetapi harus melalui kesepakatan yang menguntungkan keduanya.

2. Coba untuk Endorse Produk

Cara meningkatkan penjualan di Instagram yang paling banyak dilakukan adalah endorse produk. Memberikan sample produk secara gratis kepada orang lain dengan syarat mereka harus mempromosikannya melalui akun Instagram. Selebritis, selebgram atau akun pribadi yang memiliki jumlah followers banyak bisa menjadi alternatif endorse. Semakin banyak produk dilihat semakin mudah mendapat pembeli. 

Selain memberikan produk untuk kemudian diposting dalam bentuk foto atau video, pebisnis juga umumnya memberikan sejumlah fee. Hitungan fee endorse ini sesuai kesepakatan. Semakin terkenal orang yang diendorse umumnya semakin mahal. Tetapi sebanding dengan prosentase closing penjualan. Followers akan mengikuti apa yang dilakukan oleh seleb idolanya termasuk membeli produk serupa. 

3. Manfaatkan Fitur Hastag

Hastag sangat bermanfaat bagi pebisnis maupun konsumen produk online. Pebisnis bisa memanfaatkannya untuk memudahkan menyusun kategori produk ataupun bisnis secara spesifik. Misalnya jika anda menjual kerudung online bisa memanfaatkan hastag atau tagar (#) kerudung, hijab, jilbab, kerudung segi empat, kerudungmurah, dan lain sebagainya. Cara meningkatkan penjualan di Instagram dengan hastag ini sangat mudah dan efektif. 

Hastag akan memudahkan pengguna instagram lainnya dalam mencari kebutuhannya. berdasarkan kategori yang diinginkan. Topik seperti parfume murah yang digunakan dalam keyword pencarian akan menampilkan berbagai akun yang membahasnya. Sehingga lebih mudah menemukan penjual secara online. Hastag juga menentukan rating dari akun bisnis yang dikelola. Menunjukkan banyaknya postingan yang sudah dipublikasikan. 

4. Buat Profil Menarik

Memiliki akun untuk bisnis online wajib memaksimalkan profil. Kesan pertama konsumen terhadap akun akan menunjukkan ketertarikannya. Akun bisnis harus tampak professional. Sehingga calon konsumen percaya terhadap kredibilitas yang dibangun pebisnis. Tulis nama akun dan informasi penting lainnya secara jelas. Seperti apa yang dijual, kontak untuk pemesanan, rekening pembayaran, dan alamat. 

5. Fokus pada Niche

Fokus pada tema atau topic produk sangat merupakan cara meningkatkan penjualan di Instagram selanjutnya. Dengan fokus pada produk yang dijual, menjadi branding tersendiri bagi pebisnis. Misalnya menjual kosmetik herbal, konsumen atau followers lebih mudah mengingat kita sebagai penjual professional. Branding yang melekat akan lebih mudah mendapat kepercayaan sekaligus meningkatkan penjualan. 

6. Followers Harus Tertarget

Seperti menargetkan pasar, followers akun juga harus tertarget. Lebih spesifik lebih mudah dalam menjual. Contoh akun bisnis menjual hijab kekinian, target followersnya adalah anak muda masa kini yang ingin tampil modis. Salah satu cara menjaring followers semacam ini adalah dengan menarik followers akun bisnis serupa yang sudah lebih dulu terkenal. 

Gunakan tool active fans untuk menjalin interaksi secara organik selama 24 jam. Karena dalam menarik followers, perlu menjalin komunikasi intens dengan target. Jika memungkinkan bisa dengan rutin melakukan like dan komen di akun yang bersangkutan. Sehingga akan menarik perhatian akun tersebut untuk kembali like dan comment di setiap postingan anda. 

7. Time to Post

Ikuti trend pengguna instagram yang paling tinggi ketika memposting. Instagram paling banyak diakses pada pukul 7.00 pagi, 12.00 siang dan 22.00 malam. Kemungkinan mendapat atensi, like dan comment sangat besar di waktu tersebut. Ini adalah jam santai sehingga kemungkinan closing penjualan menjadi lebih tinggi tinggi.

Cara meningkatkan penjualan di Instagram dengan menentukan time to post cukup efektif. Karena traffic instagram setiap harinya sangat tinggi. Lebih mudah terlewatkan oleh followers ketika memposting di jam yang sedikit sekali pengakses instagram. Dengan waktu efektif ini lebih mudah menentukan postingan berkualitas. Sehingga terhindar dari resiko banned karena terlalu banyak post.

8. Memberikan Diskon Produk

Coret harga atau memberikan diskon akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen. Cara meningkatkan penjualan ini sudah banyak dilakukan oleh pebisnis online. Pada dasarnya semua orang menyukai harga diskon. Karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan produk impian. Cara ini banyak dilakukan pebisnis online dalam menarik pelanggan. 

9. Unggah Bukti Transaksi Sebagai Testimoni

Cara meningkatkan penjualan di Instagram dengan mengunggah bukti transaksi akan lebih mudah menjaring konsumen. Bukti pembelian dari konsumen sebelumnya adalah testimoni positif yang akan meyakinkan calon pembeli. Bukti bahwa bisnis yang dijalankan telah mendapat kepercayaan dari konsumen. Hal ini penting karena dalam bisnis online penjual dan pembeli tidak bertemu langsung. 

10. Lakukan Promosi secara Halus

Cara meningkatkan penjualan di Instagram yang terakhir adalah dengan soft selling atau promosi halus. Tidak secara langsung menjual dengan bahasa ajakan. Tetapi lebih kepada pesan persuasif tersirat untuk membeli produk. Karena manfaat dan keuntungan memiliki produk tersebut bagi konsumen. Cara seperti ini lebih disukai calon konsumen karena tidak bersifat memaksa. 

Melakukan promosi dengan memaksimalkan instagram memang lebih mudah dan murah. Pebisnis bisa memantau sendiri hanya melalui gadget. Promosi dan transaksi jual beli bisa dilakukan dimana saja kapan saja.  Supaya lebih banyak mendapat kepercayaan konsumen yang dapat menambah angka penjualan secara signifikan, sebaiknya gunakan cara meningkatkan penjualan di Instagram dengan benar.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!