Cara Jualan Online di Instagram

Bagi seorang pedagang, tentunya memahami cara jualan online di Instagram itu merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan mengetahui caranya memanfaatkan media sosial akan membuat penjualan anda semakin laris manis. Apalagi sekarang ini hampir setiap orang selalu menjadikan internet sebagai kebutuhan utama mereka dalam beraktivitas.

Selain browsing, chatting, nonton Youtube, dan tampil di media sosial, ternyata banyak diantara dari mereka lebih suka berbelanja online daripada offline. Maka dari itu, sebagai seorang marketer anda harus bisa memanfaatkan keadaan tersebut, dengan cara berjualan online via Instagram untuk menghasilkan banyak uang. Karena media sosial ini merupakan salah satu media yang memiliki banyak pengguna dan cukup efektif digunakan untuk promosi produk.

Salah satunya dengan berjualan online di platform tersebut menggunakan fitur IG TV dan Instastory. Hadirnya fasilitas tersebut membuat para pebisnis online shop lebih mudah memaksimalkan hasil penjualannya di dunia maya.  Itulah sebabnya bila anda ingin mengembangkan bisnis offline, sebaiknya mulailah berkenalan dengan media sosial Instagram karena penggunaannya sangat mudah dan cukup efektif.

Dengan berjualan lewat Instagram akan membuat peluang penghasilan anda semakin meningkat. Namun sebelum itu tentunya anda harus memahami dulu strateginya supaya jualan semakin laris manis. Tanpa strategi yang jelas akan membuat bisnis tidak berjalan lancar. Maka, ketahui beberapa cara jualan online di Instagram yang efektif dapat menghasilkan banyak uang seperti ulasan berikut ini.

1. Buat Akun Instagram Khusus Jualan

Langkah pertama supaya jualan semakin laris adalah dengan membuat akun bisnis di Instagram. Jadi dalam hal ini jangan menggunakan nama pribadi pada akun bisnis tersebut supaya terlihat lebih profesional. Ada baiknya buatlah akun bisnis khusus untuk berjualan yang mengandung kata kunci di dalamnya. Silahkan pelajari cara membuat akun instagram untuk membangun bisnis anda.

Dengan membuat akun yang ada kata kuncinya akan membuat potensi untuk mudah dikenali oleh para pengunjung semakin besar. Sehingga bila banyak orang mudah menemukan akun anda dalam pencarian, itu akan membuat produk semakin dikenal dengan mudah. Hasilnya peluang untuk terjadi closing dalam penjualan akan semakin meningkat.

2. Cari Target Follower Sebanyak Mungkin

Setelah membuat akun bisnis, cara jualan online di Instagram selanjutnya adalah carilah followers yang tertarget sebanyak mungkin. Misalnya anda menjual buku, maka targetkan followers pada siapapun yang menyukai hal tersebut. Untuk menemukan orang yang minatnya sama seperti produk anda, silahkan carilah dari akun komunitas mahasiswa, penulis, dll. Anda dapat menggunakan gramcaster sebagai penambah follower IG secara tertarget.

Sementara itu bila anda menjual makanan, carilah akun yang berkaitan dengan hal itu juga. Tujuan utama membidik followers yang tertarget adalah supaya waktu dan tenaga anda tidak terbuang sia-sia. Setelah anda berhasil memiliki ratusan ribu followers, sebaiknya jadikan akun sebagai private supaya follower lain menjadi penasaran.

3. Upload Foto Produk dan Keterangannya di IG

Hal lain yang harus dilakukan adalah upload foto dan video produk anda tersebut. Setidaknya foto yang diunggah dari awal harus sebanyak 30 buah. Untuk mengunggahnya sebaiknya cek dulu kejelasan gambarnya supaya tidak menyebabkan kemunculan persepsi yang berbeda pada setiap orang.

Anda harus menambahkan caption tulisan pula untuk menjelaskan informasi seputar produk itu. Sebaiknya gunakan kata promosi yang padat, singkat, menarik, dan jelas untuk memikat hati followers. Selanjutnya cara jualan online di Instagram lainnya yang harus diperhatikan yaitu, upload foto produk di jam istirahat kerja supaya bisa membidik pasar lebih luas.

4. Manfaatkan Fitur Hashtag 

Semua orang tahu bahwa Instagram itu dikenal dengan hastagnya. Hashtag adalah kata kunci yang dapat digunakan untuk menemukan apapun sesuai kebutuhan. Maka dari itu, sebelum mengunggah foto atau video, jangan lupa memberi hashtag. Untuk pembuatan hashtag itu sendiri bisa memakai bantuan aplikasi gramcaster.

Sehingga setelah memasukkan produk, maka aplikasinya akan bekerja secara otomatis memberikan informasi seputar hashtag terbanyak yang sering dicari oleh pengguna IG. Namun yang pasti, jangan pernah lupa menambahkan hastag nama brand anda sendiri. Semakin sering ditulis, maka itu akan membuat nama brand anda lebih mudah ditemukan di Instagram.

5. Upload Testimoni Pelanggan

Cara jualan online di Instagram lainnya supaya laris manis adalah upload semua testimoni pelanggan anda. Sehingga rasa kepercayaan calon konsumen semakin meningkat terhadap produk anda. Umumnya testimoni tersebut berupa screenshot dari hasil penjualan dan komunikasi penjual dan pembeli lewat BBM, SMS, WA, dll.

Namun sebelum diunggah, sebaiknya samarkan dulu nomor dan nama konsumen anda. Karena hal tersebut penting demi menjaga privasi konsumen. Selain hal itu, demi meningkatkan kepercayaan mereka, anda bisa mengupload resi pengiriman dan barang yang pernah dipacking sebelumnya. Sehingga orang akan yakin bahwa barang yang dibeli akan benar-benar dikirim ke mereka.

6. Lakukan Paid Promote dan Endorse 

Cara jualan online di Instagram selanjutnya adalah lakukan endorse dan paid promote. Jumlah pengguna Instagram yang mulai menyasar ke influencer dan artis papan atas membuat pangsa pasar penjualan lewat IG semakin luas. Karena pada akhirnya para pebisnis bisa bekerja sama dengan kalangan papan atas tersebut untuk melakukan endorse.

Cara ini efektif meningkatkan followers akun anda. Selain itu, dengan menggunakan endorse, otomatis hal ini akan membuat produk anda semakin dilirik oleh banyak orang. Untuk menghubungi selebgram tersebut mudah! Sedangkan harga yang dikeluarkan bervariasi tergantung dari jenis, jumlah followers, dll.

7. Jangan Lupa Share and Tag

Untuk membuat produk anda semakin dikenal oleh masyarakat luas, maka cara jualan online di Instagram lainnya adalah melakukan share and tag ke konsumen. Ada baiknya lakukan share and tag maksimal pada 5 orang saja supaya mereka tidak merasa terganggu dengan privasi mereka.

8. Beri Giveaway untuk Follower

Dalam Instagram tentunya giveaway dan diskon bukan hal yang asing lagi. Dengan adanya giveaway akan membuat followers lebih aktif dan tertarik terhadap produk anda. Karena mereka ingin mengikuti kuis untuk mendapatkan bonus tersebut. Cara ini ampuh membuat produk anda semakin dikenal karena bisa dijadikan sebagai ajang promosi termudah saat ini.

9. Lakukan Teknik Soft Selling

Meskipun dari awal hanya ingin membuat akun Instagram untuk bisnis atau berjualan saja, namun bukan berarti bila anda tidak dekat dengan konsumen. Untuk meningkatkan penjualan, maka cara jualan online di Instagram adalah harus melakukan teknik soft selling yang tepat. Diantaranya yaitu upload foto berisi quote atau langsung berinteraksi dengan followers anda.

Meskipun terlihat tidak aktif berjualan, namun ternyata soft selling seperti ini justru memudahkan anda dalam membangun kedekatan bersama konsumen. Disamping itu, anda juga bisa memanfaatkan instastory yang lengkap dengan pertanyaan dan fitur jejak pendapatnya. Sehingga mengenal konsumen akan menjadi semakin mudah untuk anda.

Dengan memanfaatkan akun Instagram dengan baik, maka peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang menjadi lebih besar. Karena saat ini media sosial yang satu ini sedang naik daun, jadi sangat disayangkan sekali bila keberadaannya tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Maka dengan menggunakan cara jualan online di Instagram yang benar, hal ini tentu dapat meningkatkan penjualan anda di Instagram.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!