Cara Beriklan di Instagram Ads

Memahami bagaimana cara beriklan di Instagram Ads dengan benar adalah hal yang wajib dilakukan bagi seorang pebisnis, bila jumlah target audience terbanyak mereka merupakan pengguna IG. Karena dengan beriklan lewat Instagram Ads, hal ini akan membuat anda lebih mudah menjangkau calon konsumen yang lebih banyak dan sesuai target di dunia maya.

Bagaimanapun juga jumlah pengguna IG Indonesia itu paling banyak nomor 4 di dunia. Bahkan sejak tahun 2018 yang lalu, jumlah pengguna IG di Indonesia telah mencapai 60 juta orang. Kebanyakan dari mereka berasal dari usia 18 hingga 34 tahun. Dari data tersebut didapatkan pengguna Instagram Indonesia yang mendominasi adalah pria.

Ada sebanyak 50,5% pengguna IG berasal dari pria Indonesia. Lebih menariknya lagi adalah ternyata ada 45% pengguna Indonesia sering berbelanja lewat Instagram. Itu artinya perkembangan bisnis akan semakin lancar bila sudah tahu rahasia cara beriklan di Instagram Ads dengan benar. Hal yang jadi pertanyaan sekarang adalah apakah Instagram Ads itu?

Instagram Ads merupakan sebuah platform iklan milik IG, dimana pengguna bisa mempromosikan jasa dan produknya lewat stories dan feed. Bila sebelumnya anda sudah mengetahui cara beriklan di Facebook Ads, maka cara beriklan di IG tentunya tidak asing untuk anda. Karena saat ini keduanya berada dibawah naungan Facebook Ads Manager.

1. Cara Membuat Instagram Ads

Sebelum beriklan lewat Instagram Ads, maka anda harus memenuhi persyaratannya dulu. Dimana persyaratan pembuatan iklan disini sebenarnya sama seperti Facebook Ads. Itu artinya sebelum membuat iklan, anda harus memiliki halaman Facebook dulu. Setelah itu barulah lakukan hal-hal di bawah ini untuk membuat Instagram Ads lewat Facebook:

  • Bukalah halaman Facebook Ads Manager terlebih dahulu dengan cara login ke akun FB anda. Setelah itu bukalah menu kampanye dan pilih tombol buat iklan. Dari sinilah anda akan mendapatkan 2 pilihan, yaitu pembuatan secara terpandu dan cepat.  Bila sudah, silahkan tentukan tujuan iklannya, seperti konversi, pertimbangan, dan kesadaran.
  • Selanjutnya pilihlah salah satu jenis iklan yang ditawarkan oleh Instagram. Untuk memilih iklan ini bisa dengan cara memilih pengoptimalan anggaran dan uji split. Jika anda memilih uji split, maka target audience akan dibagi 2. Dengan begitu, dana yang dibutuhkan lebih besar daripada pengoptimalan anggaran yang dilakukan.
  • Cara beriklan di Instagram Ads selanjutnya adalah tulislah nama iklan dan tentukan tujuan trafficnya. Misalnya saja tujuan trafficnya ingin diarahkan ke pengguna WA, Messengers, website, dll. Namun yang pasti jangan pernah lupa untuk menentukan target audience dengan tepat secara terperinci. Baik dari lokasi, jenis kelamin, umur, bahasa, dll.
  • Hal penting selanjutnya untuk membuat iklan di Instagram adalah tentukan jadwal promosinya. Misalnya ingin ditayangkan selama 1 bulan atau bahkan lebih. Jangan lupa untuk menambahkan akun Instagram pada halaman Facebook bila ingin mempromosikan produk di IG. Selanjutnya untuk sistem pembayarannya bisa lewat debit card dan kartu kredit.

2. Ukuran Gambar Terbaik untuk Instagram Ads

Setiap format iklan dalam Instagram Ads itu memakai ukuran gambar yang berbeda-beda. Maka dari itu, supaya anda bisa menampilkan iklan terbaik di mata konsumen, sebaiknya pilih ukuran gambar yang tepat. Misalnya saja bila anda ingin menampilkan gambar tunggal, maka silahkan gunakan ukuran 1.200 x 628 pixels.

Sedangkan bila anda ingin menampilkannya pada Instagram stories, sebaiknya pilih ukuran gambar sebesar 1.080 x 1.920 pixels. Selanjutnya di bagian rasio gambarnya bisa bervariasi. Yaitu berukuran 16 : 9 atau sebaliknya, sesuaikan dengan ukuran gambar yang ingin ditampilkan.

Tidak hanya itu saja, sebelum membahas tentang bagaimana cara beriklan di Instagram Ads yang benar, sebaiknya perhatikan ukuran gambar carouselnya juga. Jika ingin memakai ukuran tersebut, sebaiknya pilih yang besarnya 1.080 pixels, tidak lebih dari 30 Mb. Sementara untuk besaran rasionya adalah 1:1 atau berbentuk persegi.

Bila anda ingin menampilkan video saat beriklan di Instagram Ads, maka gunakan format .mov, .mp4, dan .gif. Sedangkan resolusi terbaik untuk video adalah minimal 600 pixels dengan besaran file maksimal 4 Gb. Selanjutnya untuk ukuran durasi video terbaik saat beriklan di Instagram Ads adalah 1 hingga 60 detik.

3. Cara Beriklan di Instagram Ads 

Instagram Ads itu adalah platform terbaik untuk meningkatkan traffic, brand awareness, leads baru, dan konversi. Ada banyak hal positif yang akan didapatkan marketers bila dapat memanfaatkan pemakaian Instagram Ads dengan baik. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan cara beriklan di Instagram Ads di bawah ini untuk menjangkau konsumen yang lebih luas:

  • Salah satu cara beriklan yang paling efektif menggunakan Instagram Ads adalah dengan memanfaatkan fitur stories. Yaitu fitur bawaan dari Instagram yang berguna untuk menunjukkan postingan video dan foto selama 24 jam. Cara ini sangat membantu meningkatkan penjualan, karena kebanyakan konsumen Instagram lebih tertarik terhadap sebuah produk saat melihat Instagram Stories.
  • Cara beriklan lainnya adalah dengan memaksimalkan visual produk. Mengingat Instagram merupakan salah satu media sosial yang lebih fokus terhadap konten visual seperti foto dan video, maka cara beriklan terbaik disini adalah dengan memaksimalkan visualnya. Maka dari itu, unggah video atau foto yang menarik untuk menggaet banyak konsumen.
  • Cara beriklan di Instagram Ads yang benar lainnya adalah dengan membuat iklan secara natural. Jadi anda harus riset terhadap target audience dengan cara mencari tahu seperti konten menarik yang paling disukai oleh konsumen. Setelah mengetahui apa yang disukai target audience, langkah selanjutnya adalah buatlah konten terbaik sesuai minat mereka.

4. Manfaat Beriklan Menggunakan Instagram Ads

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan bila beriklan memakai Instagram Ads. Salah satunya adalah bisa meningkatkan brand awareness dengan baik. Karena saat pertama kali membuat Instagram Ads, biasanya pengguna akan diberi pertanyaan seputar tujuan pembuatan akun bisnis tersebut. Sehingga anda lebih mudah meningkatkan brand awareness sekaligus menargetkan konsumen sesuai sasaran.

Tidak hanya itu saja, setelah memahami tentang bagaimana cara beriklan di Instagram Ads seperti yang telah dikupas sebelumnya, maka anda lebih mudah menargetkan iklan ke konsumen. Karena Instagram nanti akan membuat target baik dari kebiasaan, demografi, status finansial, connection, ketertarikan pengguna, dll. 

Sehingga target yang dibuat dari awal akan memudahkan anda untuk memunculkan iklan ke customer sesuai minatnya. Setidaknya dengan langkah yang benar akan membuat potensi penjualan dan profitnya akan semakin meningkat. Karena saat ini banyak sekali pengguna internet yang aktif selama 24 jam. Dengan begitu mencari pelanggan lewat Instagram semakin mudah.

Menguasai bagaimana caranya beriklan dengan benar di Instagram adalah keharusan bagi seorang pebisnis. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna media sosial yang aktif saat ini semakin banyak. Sehingga anda harus memahami bagaimana cara beriklan di Instagram Ads, seperti yang telah dijelaskan diatas untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Selain dengan iklan, anda juga perlu mempelajari cara menambah followers instagram secara gratis.

Kategori: Blog

error: Content is protected !!